Jumat, 27 Mei 2016

Macam Tepung Bahan Makanan

Ternyata tepung yang selama ini kita lihat tidak hanya itu-itu saja, ada banyak jenis tepung yang selama ini digunakan oleh manusia dalam hal masak-memasak. Tidak hanya tepung terigu, tepong maizena, tepung jagung, tapi masih ada yang lainnya.
Antara lain adalah:

1.     TEPUNG TERIGU
Tepung atau bubuk halus yang berasal dari biji gandum yg dikupas dan dihaluskan.Tepung terigu dibuat dari bagian dalam gandum saja setelah membuang bagian luarnya yang keras dan banyak mengandung serat (disebut wheat bran) dan bagian paling kecil dari inti biji gandum yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

2.     TEPUNG GANDUM
Tepung gandum utuh adalah tepung yang diperoleh dengan cara menggiling seluruh bagian biji gandum secara utuh, Oleh sebab itu kandungan serat dalam tepung gandum utuh mencapai 3-4 kali tepung terigu dan lebih banyak mengandung nutrie.

3.     TEPUNG PANIR
Tepung atau bubuk halus yang berasal dari  roti kering yang ditumbuk halus. Tepungini gunanya untuk memberikan makanan memiliki lapisan luar yang renyah.

4.     TEPUNG KENTANG
Tepung atau bubuk halus yang berasal dari kentang yang dimatangkan lalu dikeringkan dan dibuat tepung. Biasanya dipakai untuk pengental saus, cake, cookies, schotel dll. Tepung kentang masih belum lazim dipergunakan sehingga agak sulitdidapat.

5.     TEPUNG BERAS
Tepung atau bubuk halus yang berasal dari beras yang digiling/dihaluskan. Warnanya bermacam macam, ada yang putih, merah dan cokelat,Bila diraba dengan jari, tepung beras akan terasa lebih lembut dan halus dibandingkan dengan tepung ketan. Biasa digunakan utk penganan tradisional, makanan bayi(beras merah) dll

6.     TEPUNG KETAN.
Tepung yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih, dengan cara digiling/ditumbuk/dihaluskan. Tepung ketan putih teksturnya mirip tepung beras, tetapi bila diraba tepung ketan akan terasa lebih berat melekat.

7.     TEPUNG TAPIOKA.
Dibuat dari sari pati ketela pohon (singkong). Singkong, setelah dikuliti dan dibersihkan, diparut dan diambil ekstraknya (sari patinya). Sari pati ini kemudian diendapkan dan disaring hingga membentuk butiran-butiran tepung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar